Selasa, 10 Mei 2016

cepot



http://rizki.staf.upi.edu/files/2015/07/2612234-si-cepot-wayang-golek-facebook-twitter.jpg 

Astrajingga ( Cepot )

    Cepot  yaitu anak pertama dari tiga bersaudara yang di lahirkan dari kedua orang tua yang bernama Semar badranaya ( ayah ) dan sutiragen ( ibu )
Nama cepot mengandung arti yaitu :
SASTRAJINGGA.
SASTRA : sebuah tulisan ( ungkapan manusia ) dan
JINGGA : Ya itu Merah atau dalam bahasa sunda di sebut ( beuerum )
Menurut cerita tatar sunda, cepot di lahirkan di sebuah gubuk ( saung ).

    Cepot yang terkenal humoris tidak pernah memandang dari kalangan manapun sekali pun dari kalangan bangsawan, sifat cepot akan tetap selalu menghibur orang-orang yang berada dekat dengan dia. Tergadang ada yang suka maupun ada yang tidak suka, cepot tetap sebagai seorang humoris dengan gaya dan cara bicaranya yang terkadang jika ada beberapa orang yang membuat dia kesal, cepot hanya tertawa sambil menasehati bahkan sering terlontar beberapa kritikan kepada orang tersebut, dengan tujuan dan niat baiknya.
Dalam cerita pewayangan, sosok cepot sering membawa senjata pamungkas nya yaitu sebuah golok ( bedog ) dan sebuah anak panah ( jamparing ) yang akan selalu ia bawa kemana pun dia pergi.
    Lawan musuh cepot juga di ceritakan dalam cerita pewayangan seperti sosok Denawa yaitu golek buta bahkan sampai mahluk raksasa yang berwujud aneh.
 
 
   Sosok cepot biasanya di keluarkan di dalam cerita pewayangan di pertengahan cerita, yang sering mendampingi para ksatria perang seperti arjuna,gatot kaca bahkan kastria madukara yang di ceritakan dalam wayang golek sebagai majikan cepot.
   Kehadiran cepot di tengah pertunjukan wayang golek sering di nanti-nanti oleh para penggemar nya, karena sosoknya yang humoris dan suka menghibur orang banyak.
   Kesimpulanya nama dan sosok cepot adalah sebuah watak yang keras kepala,bodoh menurut orang yang memandangnya sebelah mata, tetapi ilmu dan wawasanya sangat luas dan banyak mengandung arti tentang perjalanan hidup manusia.
  Itulah artikel tentang sosok cepot dalam dunia pewayangan yang sampai detik ini masih tersohor di seluruh pelosok Negeri nusantara.( indonesia )



Rahmat SaepudinDi Posting Oleh : Rahmat Saepudin

lamun budak sunda ku ngunjungan kana blog rumahsundaku di dinya teh informasi na seer pisan upami teu percaya sok wae visit kana blog abdi upami tos ngunjungan karak eta di sebatna budak sunda hidup budak sunda budaya urang sararea Follow Google+

Hatur Nuhun

0 komentar:

Posting Komentar